Pembelajaran yang diberikan dalam kelas ELS Bahasa Inggris sangat beragam dengan tujuan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasa inggris lebih aktif dengan topik-topik yang menarik. Suasana kegiatan ELS Bahasa Inggris selalu interaktif. Meskipun kemampuan masing-masing siswa tidak homogen, namun hal tersebut justru yang membuat suasana kelas lebih berwarna. Kemampuan pengajar dalam menangani kemampuan siswa yang beragam sangat membantu berjalannya kegiatan ELS. Selama kegiatan ELS, pengajar dapat mengatasi suasana kelas dengan baik serta peka terhadap kemampuan para siswa sehingga siswa tidak kesulitan menyerap materi yang diberikan. Pengajarpun dapat menyesuaikan diri dengan kondisi para siswa, misalnya saat siswa sedang jenuh karena pekan ulangan harian maka pengajar mengatasinya dengan memberikan pelajaran melalui metode permainan tanpa harus kehilangan esensi dari materi yang menjadi topik bahasan.